MADRASAH ALIYAH ASSA'ADAH LABUAPI
VISI
SEKOLAH
Mencetak
lulusan yang “Cerdas dan Bermartabat” berdasarkan nilai-nilai Islam.
MISI SEKOLAH
1. Meningkatkan kemampuan santri untuk
melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan
diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan kesenian.
2. Meningkatkan kemempuan santri dalam memehami dan menerapkan
nilai-nilai agama Islam secara kaffah sebagai landasan moral spiritual dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
3. Menjadikan MA Assa’adah Labuapi sebagai pusat sarana
pembelajaran masyarakat dengan memberdayakan peran serta masyarakat profesi
pendidikan secara profesional berdasarkan kemandirian dan kearifan lokal.
A.
TUJUAN SEKOLAH
1. Terlaksananya
bimbingan belajar yang efektif dan berkesinambungan.
2. Peningkatan
perolehan nilai akademis khususnya nilai dalam rapor pendidikan siswa.
3. Mempertahankan
prestasi kelulusan 100 % dalam Ujian Akhir bagi siswa kelas III.
4.
Meningkatkan
perolehan nilai Ujian Akhir.
5. Meningkatkan
kedisiplinan peserta didik dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
6. Membentuk
kegiatan Belajar Baca Tulis Al Qur’an.
7. Berusaha
memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengikuti kegiatan
ekstrakurikuler.
8. Bertambahnya
kemampuan peserta didik dalam membaca Al Qur’an.
B.
IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA SEKOLAH
1.
Masih rendahnya tingkat kecerdasan, kepercayaan diri,
disiplin dan kemauan belajar siswa
2.
Masih kurangnya
tenaga guru yang memiliki kemampuan kualitas memadai
3. Rendahnya
kualitas siswa baru (input)
4.
Masih rendahnya kualitas lulusan dari segi
akademik.
C.
SARANA DAN KEBUTUHAN MENDESAK
1. Penambahan
ruang kelas baru (RKB) dan ruang laboratorium
2. Peningkatan
kualitas pelaksanaan KBM
3. Peningkatan
kualitas guru dan pegawai
4.
Penataan administrasi
dan peningkatan manajemen sekolah
5. Penambahan sarana dan prasarana pendidikan
yang berhubungan lansung dengan KBM.
D.
IDENTIFIKASI FUNGSI - FUNGSI
SASARAN
1. Tersedianya
ruang kelas baru (RKB) untuk kelancaran KBM
2.
Dapat meningkatkan
kualitas guru dan pegawai
3.
Dapat memenuhi
kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan yang sesuai kebutuhan
4. Tercatatnya
administrasi sekolah sesuai ketentuan
5. Terjadinya
peningkatan nilai rata-rata
E.
ANALISA FUNGSI-FUNGSI SASARAN
a.
Kekuatan
1. Jumlah
siswa banyak dan animo masyarakat masuk MA ASSA’ADAH Labuapi relatif tinggi
2. Kerjasama
personil sekolah baik
3.
Semangat kerja guru
dan pegawai saling mendukung
4. Dukungan yayasan
terhadap perkembangan sekolah positif dan dukungan masyarakat begitu tinggi
b.
Kelemahan
1.
Tingkat sosial
ekonomi orang tua murid relatif rendah
2. Motifasi
belajar siswa minim
3. Tenaga
guru masih belum memadai dan lebih banyak tenaga honorer
4. Sarana
dan Prasarana sekolah terutama ruang kelas terbatas
5.
Kesadaran orang tua
murid sedang.
c.
Harapan
1.
Masih banyaknya tanah yang tersedia untuk
membangun ruang kelas baru
2.
Masih terbukanya peluang untuk
memprogramkan peningkatan pendapatan sekolah
3. Fasilitas yang ada di MA Assa’adah Labuapi
masih kurang untuk meningkatkan kegiatan sekolah sehingga :
a. Proses belajar mengajar tidak dapat
dilaksanakan secara epektif
b. Proses belajar mengajar menjadi kurang
epektif
c.
Semangat mengahargai guru termotivasi
d.
Disiplin belajar siswa kurang
e.
Terjadinya pembengkakan biaya atau biaya
rutin sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Kirim komentar anda!