BLOG BASTRINDO BERBAGI INFORMASI SEPUTAR PENDIDIKAN MADRASAH

Jumat, 15 Mei 2015

VISI, MISI, DAN TUJUAN LEMBAGA MA ASSA'ADAH LABUAPI



 MADRASAH ALIYAH ASSA'ADAH LABUAPI




VISI SEKOLAH

Mencetak lulusan yang “Cerdas dan Bermartabat” berdasarkan nilai-nilai Islam.

MISI SEKOLAH
1.        Meningkatkan kemampuan santri untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan kesenian.
2.      Meningkatkan kemempuan santri dalam memehami dan menerapkan nilai-nilai agama Islam secara kaffah sebagai landasan moral spiritual dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
3.  Menjadikan MA Assa’adah Labuapi sebagai pusat sarana pembelajaran masyarakat dengan memberdayakan peran serta masyarakat profesi pendidikan secara profesional berdasarkan kemandirian dan kearifan lokal.

A.      TUJUAN SEKOLAH
1.       Terlaksananya bimbingan belajar yang efektif dan berkesinambungan.
2.       Peningkatan perolehan nilai akademis khususnya nilai dalam rapor pendidikan siswa.
3.       Mempertahankan prestasi kelulusan 100 % dalam Ujian Akhir bagi siswa kelas III.
4.       Meningkatkan perolehan nilai Ujian Akhir.
5.       Meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
6.       Membentuk kegiatan Belajar Baca Tulis Al Qur’an.
7.       Berusaha memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.
8.       Bertambahnya kemampuan peserta didik dalam membaca Al Qur’an.

B.      IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA SEKOLAH
1.       Masih rendahnya  tingkat kecerdasan, kepercayaan diri, disiplin dan kemauan belajar siswa
2.       Masih kurangnya tenaga guru yang memiliki kemampuan kualitas memadai
3.       Rendahnya kualitas siswa baru (input)
4.      Masih rendahnya kualitas lulusan dari segi akademik.

C.      SARANA DAN KEBUTUHAN MENDESAK
1.       Penambahan ruang kelas baru (RKB) dan ruang laboratorium
2.       Peningkatan kualitas pelaksanaan KBM
3.       Peningkatan kualitas guru dan pegawai
4.       Penataan administrasi dan peningkatan manajemen sekolah
5.      Penambahan sarana dan prasarana pendidikan yang berhubungan lansung dengan KBM.

D.      IDENTIFIKASI FUNGSI - FUNGSI SASARAN
1.       Tersedianya ruang kelas baru (RKB) untuk kelancaran KBM
2.       Dapat meningkatkan kualitas guru dan pegawai
3.       Dapat memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan yang sesuai kebutuhan
4.       Tercatatnya administrasi sekolah sesuai ketentuan
5.       Terjadinya peningkatan nilai rata-rata 

E.      ANALISA FUNGSI-FUNGSI SASARAN
a.      Kekuatan
1.       Jumlah siswa banyak dan animo masyarakat masuk MA ASSA’ADAH Labuapi relatif tinggi
2.       Kerjasama personil sekolah baik
3.       Semangat kerja guru dan pegawai saling mendukung
4.     Dukungan yayasan terhadap perkembangan sekolah positif dan dukungan masyarakat begitu  tinggi

b.      Kelemahan
1.       Tingkat sosial ekonomi orang tua murid relatif rendah
2.       Motifasi belajar siswa minim
3.       Tenaga guru masih belum memadai dan lebih banyak tenaga honorer
4.       Sarana dan Prasarana sekolah terutama ruang kelas terbatas
5.       Kesadaran orang tua murid sedang.

c.      Harapan
1.       Masih banyaknya tanah yang tersedia untuk membangun ruang kelas baru
2.       Masih terbukanya peluang untuk memprogramkan peningkatan pendapatan sekolah
3.     Fasilitas yang ada di MA Assa’adah Labuapi masih kurang untuk meningkatkan kegiatan sekolah sehingga :
a.       Proses belajar mengajar tidak dapat dilaksanakan secara epektif
b.       Proses belajar mengajar menjadi kurang epektif
c.       Semangat mengahargai guru termotivasi
d.       Disiplin belajar siswa kurang
e.       Terjadinya pembengkakan biaya atau biaya rutin sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim komentar anda!