BLOG BASTRINDO BERBAGI INFORMASI SEPUTAR PENDIDIKAN MADRASAH

Minggu, 24 Januari 2016

MENDENGARKAN DAN MENGAJUKAN SARAN PERBAIKAN TERHADAP ISI BERITA

Mendengarkan Informasi Dari Radio/Televisi Dan Mengajukan Saran Perbaikan

Teknologi komunikasi berkembang begitu
pesat dizaman ini. Tidak mengherankan jika orang dapat dengan mudah menyerap informasi dengan memanfaatkan teknologi
komunikasi.cukup dengan mendengarkan radio atau melihat televisi, seseorang
sudah mendapatkan informasi yang beragam.

Tentu saja untuk memperoleh informasi yang akurat, kemampuan menyimak sangat dibutuhkan. Suatu informasi pun kadang memiliki kesalahan baik dalam segi penyampaian atau dari segi materi yang diinformasikan. Untuk itu diperlukan saran yang baik untuk perbaikan dimasa depannya.

Hal-hal yang perlu dilakukan sebelum mengajukan saran:

1. Menangkap dan Mencatat pokok-pokok isi berita.
Saat mendengarkan pembacaan berita, ada
beberapa hal yang kita tangkap. Salah satunya adalah menangkap isi pesan atau pokok-pokok isi berita. Kita perlu untuk mencatat pokok-pokok isi berita karena isi
berita sudah sebagian besar tercakup dalam pokok-pokoknya dan selebihnya
hanya merupakan tambahan.

Untuk memudahkan kita semua dalam mencatatnya perhatikan 5W + 1H atau
MeDiSiABaKa (apa, bagaimana, dimana,
siapa, mengapa, kapan)
• (what) peristiwa apa yangterjadi dalam
berita?
• (who) siapa pelaku dan perannya dalam
peristiwa yang diberitakan?
• (when) kapan waktu terjadinya peristiwa
tersebut?
• (where) di mana tempat terjadinya peristiwa?
• (why) alasan atau penyebab terjadinya peristiwa?
• (how) bagaimana proses terjadinya peristiwa tersebut?

Perbedaan antara gagasan pokok dan gagasan penjelas
gagasan pokok gagasan penjelas cakupan umum dan luas cakupan khusus
dan sempit bagian yang dijelaskan oleh gagasan-
gagasan lain bagian yang menjelaskan bagian lain
terdapat dalam kalimat utama terdapat dalam kalimat penjelas biasanya ada bagian yang dirujuk oleh
kalimat lain dalam kalimat penjelas, biasanya terdapat kata ganti yang merujuk
kalimat lain (misalnya ini, itu, tersebut, dsb.)

jika gagasan tersebut di akhir paragraf (induktif), merupakan pernyataan penyimpul dari gagasan-gagasan
sebelumnya. berupa kalimat ilustratif
(kalimat berupa gambaran/penjelas)
biasanya mengandung konjungsi penyimpul
(misalnya, jadi, dengan demikian, oleh
karena itu, dsb) mendahului gagasan utama yagletaknya di akhir paragraf berupa pendapat-pendapat penunjang

2. Membedakan fakta dan opini.

Fakta adalah tulisan (data) yang bertujuan
memberikan atau menginformasikan
sesuatu kepada pembaca. Biasanya didukung oleh informasi yang akurat dan
dapat dibuktikan keberadaan dan kebenarannya. Sedangkan opini adalah
informasi yang hanya berupa gagasan dan
tanggapan dari penulis atau narasumber.

3. Memberikan tanggapan atas isi berita.
Dalam menanggapi isi berita, hal pertama
yang harus dilakukan yaitu mendenngarkan
berita tersebut. Dengan mendengarkan
berita tersebut, dapat ditentukan kualitas
(baik/buruk) berita tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim komentar anda!